Berkemah Salah Satu Cara Menikmati Akhir Pekan

01.45 / Diposting oleh neo adventure /

outbound murah
Kehidupan yang bergulir di kota besar seperti Jakarta, kerap kali menghasilkan stress yang tinggi. Bosan dengan rutinitas yang menyita separuh hidup kita pada satu lingkaran yang tidak pernah putus? Bising dengan lalu lalang kendaraan yang setiap hari terlihat macet dan menyebabkan polusi udara yang sudah diluar batas? Cobalah berfikir untuk menikmati alunan suara pinus bergemerisik di tiup angin, dan aroma daun-daun nya yang menyegarkan di temani suara hewan-hewan dan gemerisik air yang mengalir jernih di depan mata. Sementara langit biru dan suasana segar membelai tuhuh kita di temani secangkir coklat susu hangat dan semangkuk sup jagung yang lezat.

Gambaran diatas memang mengasikkan. Ya! Cobalah kegitan yang satu ini. Berkemah memang tidak selalu harus mendaki gunung. Kini banyak sekali tempat-tempat wisata alam yang memanjakan pengunjungnya dengan fasilitas berkemah. Baik untuk sendiri, untuk keluarga maupun dalam jumlah banyak atau rombongan. Yang dekat dari Jakarta saja, misalnya ada begitu banyak tempat berkemah di sekitar Kabupaten Bogor dan Sukabumi.

Menikmati akhir pekan anda dengan berkemah, memang bisa jadi sebuah pengalaman baru bagi anda. Suasana yang tenang, bisa jadi sebuah inspirasi menikapi pekerjaan anda kemudian. Bahkan anda bisa saja mengajak rekan bisnis anda untuk berkemah bersama, mngkin. Siapa sangka. Semuanya bisa saja anda lakukan.

Dewasa ini, banyak sekali bermunculan perusahan-perusahan yang menyediakn jasa outdoor termasuk berkemah didalamnya. Tapi dalam tulisan ini, penulis akan mengajak anda untuk menyiapkan perjalanan yang anda lakukan sendiri, dan sebelum memulai berkemah ada baiknya kita memperhatikan beberapa aspek berikut ini;
• Pastikan lokasi yang akan kita pilih cukup aman. Sebab kita tentu saja tidak mau kalau acara liburan kita akan berbuah bencana.
• Cek semua perlengkapan sebelum berkemah. Pastikan kita membuat ceklis perlengkapan sederhana yang memudahkan kita mengorganisasi kebutuhan kita sehingga tida ada barang yang mubazir dibawa.
• Masalah makanan dan minuman tentunya hal yang paling krusial bukan? Nah, untuk anda yang punya hoby memasak, nampaknya suasana berkemah yang senggang bisa di manfatkan untuk menciptakan makanan yang lezat bukan? Jadi anda juga bisa menyalurkan hoby anda selama anda berkemah.
• Jangan lupa memberi tahukan kepada teman terdekat atau keluarga, lokasi anda berkemah. Juga berapa lama anda akan berada disana. Ini akan menjadi semacam signal bahaya apabila pada waktu yang telah disepakati anda dalam keadaan darurat.
• Selalu berusaha kembali ke perkemahan sebelum gelap. Ini akan mengurangi resiko tersesat pada anda.
• Gunakan pakaian yang sesuai. Baju hangat dan jas hujan sangat di perlukan di daerah pegunungan, tapi belum tentu jika anda berkemah di sepanjang pantai.
• Berhati-hati dengan hewan liar yang anda temui. Jangan memberikan makanan dalam bentuk apapun kepada mereka, sebab bisa saja mereka berubah agresif pada saat mendapat makanan. Hindari serangga. Cobalah memakai pakaian yang berwarna terang atau putih agar mudah melihat serangga yang menempel.
• Cek selalu kotak P3K anda. Dan pastikan semuanya masih dapat digunakan.
• Siapkan alat-alat komunikasi jika anda memang memerlukannya.
• Yang paling penting, Jangan membuang sampah anda di hutan. Jangan mengotori hutan, menebang pohon atau membunuh hewan-hewan yang anda temui. Dengan begitu anda sudah berlaku arif dan ikut serta dalam upaya konservasi lingkungan.
• Jaga sumber air. Yap! Ini sangat penting. Jadi usahakan untuk tidak memasukan bahan-bahan polutan kedalam sumber air. Jangan Membuang air kecil atau besar di sumber air. Karena bisa saja pengguna lain yang akan menerima akibatnya. Untuk sekedar gambaran, sungai yang juga digunakan untuk MCK rentan terhadap penyebaran penyakit kolera, disentri dan beberapa penyakit kulit. Dan kita mau tetap sehat ketika pulang, bukan?
• Jika memang perlu menyalakan api, buatlah sebuah lingkaran kecil dengan menyusun beberapa batu sehingga api yang dibuat tidak akan menyebar. Juga jangan terlalu dekat kepada tenda, sebab jilatannya atau panas nya bisa saja menyebabkan kerusakan pada tenda anda. Gunakan ranting yang memang sudah ada ditanah, jadi jangan membuat patahan baru. Jangan lupa untuuk mematikan api anda secara banar ketika sudah selesai.

Beberapa tips diatas memang bukan patokan baku dalam kegiatan berkemah. Tapi setidaknya bisa di ambil beberapa pelajaran dari pada nya.Mungkin activitas outbound bisa ditambahkan untuk melengkapi kegiatan outing anda untuk membentuk suasana kekeluargaan dan mungkin untuk membangun suasana team building.

Jadi, berkemah? Kenapa tidak! Selamat menikmati akhir pekan anda dengan susana yang alami di daerah yang sudah anda tentukan.

Tulisan Boim Akar dan berbagai sumber

Share Label:

0 komentar:

Posting Komentar